Uni Eropa Desak Rusia Hentikan Agresi di Ukraina

KEPALA kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton pada Sabtu kemarin (30/8/2014) mendesak Rusia untuk menghentikan aksi permusuhan mereka di Ukraina. Ashton juga mengancam akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Moskow jika tidak mengindahkan desakan Uni Eropa.

“Kami terus mendesak Rusia untuk menghentikan semua permusuhan, menghentikan aliran senjata, peralatan dan personil mereka ke daerah konflik serta menarik pasukan mereka dari Ukraina,” kata Ashton setelah pertemuan dua hari para menteri luar negeri Uni Eropa di Milan, Italia.

Dia mengatakan para menteri Uni Eropa menyuarakan keprihatinan yang mendalam terhadap agresi terakhir melawan Ukraina yang dilakukan oleh pasukan militer reguler Rusia.”

Moskow dituduh mengerahkan pasukan dan mendukung separatis pro Rusia dengan perlengkapan militer oleh kekuatan Barat, namun tuduhan itu oleh pemerintah Rusia.

Konflik sengit di Ukraina telah menewaskan sedikitnya 2.220 orang dan melukai 5.956 lainnya sejak bentrokan dimulai pada April lalu, menurut data PBB.[fq/islampos/anadolu]

0 Response to "Uni Eropa Desak Rusia Hentikan Agresi di Ukraina"

Posting Komentar